eduroam UII, eduroam Indonesia

eduroam

Suatu hari saya dan istri bersama dengan kawan baik sewaktu masih studi S3 di The Univesity of Queensland, Imam Santoso, berkesempatan untuk jalan-jalan ke The University of Auckland, New Zealand. Sebenarnya kami sama sekali tidak merencanakan untuk pergi ke sana, karena tujuan awal kami ke New Zealand adalah untuk berlibur di South Island dari New Zealand yang memang terkenal ciamik alam pemandangannya. Akan tetapi pada hari keberangkatan kami, terjadi badai salju di Christchurch yang memaksa kami harus mengalihkan pesawat pindah ke Auckland. Di sana, kami berjumpa kawan lama pada saat saya sekolah master di NTU Singapura,  yang saat itu sedang menetap di Auckland. Oleh kawan saya, kami diajak untuk jalan-jalan, salah satunya adalah ke The University of Auckland, New Zealand.

Saat kami sedang berada di sana, tiba-tiba smartphone kami mendapatkan notifikasi dari beberapa aplikasi, padahal saat itu belum beli SIM Card lokal. Ternyata smartphone kami semua langsung terhubung ke dalam jaringan eduroam yang tersedia di The University of Auckland. “Wow! Demikian seru kami” Jejaring eduroam ternyata sampai juga di New Zealand. Saat itu, kami yang bersekolah di Australia, banyak yang memanfaatkan jejaring WiFi eduroam yang tersedia di hampir seluruh kampus di Australia. Sehingga kemanapun kami pergi di Australia, kami akan langsung mendapatkan koneksi WiFi tanpa harus bertanya kesana kemari hanya untuk mendapatkan akses WiFi. Kami tidak perlu menghubungi IT Support kampus yang kami tuju, karena otomatis WiFi di laptop atau smartphone kami dapat langsung terhubung secara seamless.

Apa sih eduroam itu?

Dari website eduroam.org, didefinisikan sebagai berikut:

“eduroam (education roaming) is the secure, world-wide roaming access service developed for the international research and education community.

Having started in Europe, eduroam has gained momentum throughout the research and education community and is now available in 72 territories.”

Saat ini, eduroam telah tersedia di 89 negara, di lebih dari 12,000 institusi pendidikan dan riset. Manfaat yang sangat terasa dengan keberadaan eduroam adalah, sering kali kami berkolaborasi dengan kolega dari universitas yang berbeda, kami saling berkunjung dari universitas satu ke universitas lain, baik sekedar main saja, ataupun melakukan riset bersama, dan kami tidak pernah direpotkan dengan kendala WiFi untuk membantu pekerjaan kami.

Pulang sekolah S3 dari Australia, sepertinya bagi saya, hanya bermimpi saja untuk bisa mendapatkan konektivitas WiFi dengan model eduroam tadi. Hingga bulan Maret tahun 2016, Rektor UII saat itu, Bp. Harsoyo meminta saya dan beberapa rekan untuk membantu menangani transformasi layanan teknologi informasi di UII. Sebuah kesempatan besar pikir saya. Sejak saat itu, salah satu yang ada dalam pikiran saya adalah bagaimana wifi di UII bisa sekelas kampus-kampus besar di dunia, dan bagaimana caranya UII bisa terhubung dengan eduroam.

Saat ini, setiap tahunnya, ada ribuan baik dosen maupun mahasiswa UII yang melakukan travelling ke berbagai kampus di berbagai belahan dunia. Begitu juga UII seringkali mendapatkan tamu, baik exchange student, visiting professor dari berbagai kampus dunia. Dari sini, kebutuhan UII untuk terhubung dalam jejaring eduroam, orang Inggris bilang, inevitable.

Alhamdulillah, mulai bulan Maret 2017, UII sudah terhubung ke dalam jejaring eduroam. Pada saat UII terhubung dengan eduroam, baru ada satu kampus yang sudah memiliki koneksi eduroam, yakni ITB. Kini UII dan ITB, keduanya berperan sebagai National Roaming Operator eduroam, yakni yang memiliki tanggung jawab untuk menghubungkan lembaga pendidikan tinggi dan riset di Indonesia untuk terhubung ke eduroam internasional.

Bagaimana cara terhubung dengan eduroam?

Sederhana saja, asal kita sudah pernah terhubung dengan SSID WiFi eduroam sebelumnya di kampus/institusi tempat kita berasal, ke manapun kita pergi, perangkat kita akan mencari sendiri sinyal eduroam, dan kita akan otomatis terhubung di dalamnya. Intinya eduroam akan sangat memanjakan user 🙂 And we are so happy and proud about it 🙂

 

Bacaan lanjut:

Website eduroam Indonesia: https://eduroamid.info
Website eduroam internasional: https://eduroam.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *